blog-img

Desa Wisata Selasari Raih Juara IV Kategori Desa Wisata Maju di Kancah Nasional

Resa Maya, 16/12/2021, 463

Desa Wisata Selasari Kabupaten Pangandaran menyabet juara IV Kategori Desa Wisata Maju di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021

Pangandaran, 08 Desember 2021 – Diwakili oleh Ketua Bumdes Selasari, Desa Wisata Selasari Kabupaten Pangandaran menerima penghargaan Juara IV Kategori Desa Wisata Maju pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI pada Selasa, 07 Desember 2021 di Gedung Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan.

Desa Wisata Selasari berhasil meraih penghargaan ini setelah bersaing dengan 1.831 desa wisata se-Indonesia yang terkurasi menjadi 300 besar, 100 besar dan pada akhirnya menjadi 50 besar desa wisata terbaik oleh Tim Kurator dan Dewan Juri ADWI 2021.

ADWI 2021 terdiri dari tujuh kategori yang diikuti yaitu penerapan CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet. Selain kategori tersebut, ada tiga kategori lain yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang dan Desa Wisata Maju serta kategori khusus Desa Wisata Mandiri Inspiratif bagi tujuh desa wisata yang sudah memiliki jam terbang lebih dahulu dari pada desa lainnya dan Desa Wisata Favorit yang dipilih berdasarkan banyaknya jumlah like di video YouTube Kemenparekraf.

Selain memenangkan juara, Desa Wisata Selasari juga menerima sertifikat penghargaan atas pengakuan sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Lembaga Sertifikasi Dewan Kepariwisataan Berkelanjutan Indonesia (CB-ISTC). Sertifikat serupa juga diterima oleh Desa Wisata Kertayasa Kabupaten Pangandaran meski belum dapat masuk dalam 50 besar nominasi desa wisata terbaik di ADWI 2021 ini.

“Saya dan bersama rekan-rekan pengelola Desa Wisata Selasari siap memajukan desa wisata di Kabupaten Pangandaran,” ujar Dadang Destriyana, Ketua Bumdes Selasari.

Bagikan