blog-img

Festival Budaya Nampaling

Resa Maya, 20/05/2021, 198

Pangandaran, 05 Mei 2021

Mendengar kata Pangandaran maka yang terpikirkan akan tertuju pada keindahan pemandangan laut, ombak, angina pantai dan kuliner seafoodnya. Selain keindahan alam Pangandaran juga memiliki tradisi dan budaya yang tak kalah menariknya yaitu Festival Budaya Nampaling di Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran.

Festival ini dilakukan oleh para petani setelah panen tiba, diselenggarakan sekitar pada bulan Oktober-September. Nampaling itu sendiri adalah sebuah prosesi menangkap belalang dngan alat yang bernama tampaling. Belalang yang telah ditangkap dimasukan ke wadah yang bernama Toler (Kembu). Masyarakat setempat mengolah belalang hasil tangkapan tersebut menjadi berbagai macam kuliner salah satunya yaitu “oseng simeut”. Kuliner lainnya yang disuguhkan pada festival ini adalah makanan tradisional setempat seperti tumpeng, awug, candil dan lain sebagainya.

Festival budaya ini juga dimeriahkanoleh pentas seni tradisional setempat sepertiSeniGondang Buhun, Elok Beluk, Ronggeng Gunung, Ronggeng Amen dan pentas senilainnya.

Bagikan