blog-img

Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wisata Selasari

Resa Maya, 09/09/2022, 138

Pangandaran, September 2022

Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Selasari.

Desa Wisata Selasari merangkul semua lapisan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengembangan desa wisatanya mulai dari kegiatan gotong-royong membersihkan destinasi wisata, membuat rambu wisata, pengelolaan BUMDes, pelaku UMKM, hingga menjadi pemandu wisata.

Dalam pemberdayaannya, Desa Wisata Selasari melakukan pendampingan UMKM dari awal merintis, penguatan modal, penguatan kelembagaan, pelatihan, serta membantu dalam proses pemasaran dengan menjadikan produk-produk tersebut sebagai bagian dalam paket wisata. Dan berikut adalah produk UMKM yang dapat dinikmati atau dibawa pulang oleh wisatawan: Madu Jaga Rasa, Kopi Tjap Bueuk, Saung Pakalungan, Rajut Luwis, Crispy Pakis Mahwa, keris, manisan cabe, noga dan lidi.

Disisi lain anak-anak muda di Desa Wisata Selasari diarahkan untuk menjadi pemandu wisata. Dan saat ini sudah ada kurang lebih 400 pemandu wisata dan lebih dari 100 orang diantaranya sudah memiliki sertifikat. Hal lain yang tak kalah penting adalah peningkatan SDM BUMDes Putra Mandiri Selasari dalam hal digitalisasi pengelolaan desa wisata.

Bagikan