blog-img

Rekomendasi Desa Wisata di Kabupaten Pangandaran

Resa Maya, 19/08/2022, 190

2 Desa di Pangandaran sudah kantongi SK Desa Wisata.

Pangandaran memang terkenal dengan wisata pantainya, namun Pangandaran juga memiliki daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan yakni Desa Wisata Kertayasa dan Desa Wisata Selasari. Dan berikut adalah profil dari kedua desa tersebut.

            Terletak di Kecamatan Cijulang dengan jarak tempuh kurang lebih 27 km dari Pantai Pangandaran menggunakan kendaraan bermotor, Desa Wisata Kertayasa dikelola oleh Bumdes Guha Bau Desa Kertayasa. Dan per 15 Mei 2018, Desa Kertayasa ditetapkan sebagai Desa Wisata berdasarkan Keputusan Bupati Pangandaran Nomor: 270/Kpts.231-Huk/2018 Tentang Penetapan Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Sebagai Desa Wisata Kabupaten Pangandaran.

            Desa Wisata Kertayasa memiliki beragam potensi wisata baik alam ataupun budaya seperti Body Rafting Green Canyon, Body Rafting Curug Taringgul / Green Coral, Camping Ground Taman Wisata Palatar, Kesenian Benjang Batok, Kesenian Badud, Kesenian Angklung dan Ngecak Balong. Selain itu, Desa Wisata Kertayasa juga mengantongi beberapa penghargaan diantaranya Juara I Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 (Tingkat Nasional) dan Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan 2021.

Berbeda dengan Desa Wisata Kertayasa, Desa Wisata Selasari terletak di Kecamatan Parigi dengan jarak tempuh kurang lebih 23 km dari Pantai Pangandaran menggunakan kendaraan bermotor. Desa Wisata Selasari memiliki beberapa daya tarik wisata yang menjadi unggulan, diantaranya adalah Santirah River Tubbing, Goa Lanang, Pepedan Hills, Caving dan Camping, Kesenian Angklung Buhun, Kesenian Lebon, Kesenian Ronggeng Gunung, dan beberapa wisata edukasi seperti budidaya lebah, pengolahan kopi robusta, keterampilan rajut dan bank sampah.

Desa Selasari resmi menjadi Desa Wisata pada 16 Februari 2021 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pangandaran Nomor: 270/Kpts.62-Huk/2021 Tentang Penetapan Desa Selasari Kecamatan Parigi Sebagai Desa Wisata Kabupaten Pangandaran. Meski tergolong masih muda, Desa Wisata Selasari sudah meraih berbagai prestasi di kancah nasional, seperti Pemenang Desa Brilian 2021 Batch 3, Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan 2021, 50 Desa Wisata Terbaik dan Juara IV Desa Wisata Maju Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Selain kedua desa wisata di atas, Kabupaten Pangandaran memiliki banyak potensi-potensi desa wisata yang perlu dikembangkan hingga menjadi desa wisata. Dan pada artikel selanjutnya akan dibahas secara detail mengenai Desa Wisata Kertayasa dan Desa Wisata Selasari.

Bagikan