blog-img

Green Canyon

Admin, 26/05/2019, 156

“Pesona aliran sungai Cijulang yang menembus goa dihiasi indahnya stalaktit dan stalakmit serta hujan abadi.”

Green Canyon  pada awalnya oleh masyarakat setempat diberi nama Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah, karena di tempat ini terdapat jembatan tanah lebarnya ± 3 meter yang terbentuk secara alamiah melalui proses alam sehingga menghubungkan kedua tebing sungai.  Nama Green Canyon pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis yang bernama Bill Jhon. Pada waktu itu dia sedang berpetualang menyusuri sungai Cijulang melihat pemandangan yang menakjubkan seolah mengingatkannya  pada sebuah Ngarai yang terdapat di Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat yang membelah sungai Colorado.

Green Canyon merupakan wisata alam berupa aliran sungai yang diapit oleh dua buah bukit bebatuan yang menembus gua. Pada mulut goa dihiasi gemercik tetesan air yang menyerupai hujan abadi yang memberikan kesan kesempurnaan akan keindahan alam.

Destinasi wisata yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ini memiliki beberapa titik atraksi wisata diantaranya Gua Cukang Taneuh, Batu Tengah, Batu Payung dan Pemandian Putri. Green Canyon menawarkan aktivitas wisata mulai dari berperahu untuk wisatawan yang hanya ingin sekedar menikmati pemandangan alam, berenang, body rafting, terjun ke dalam air dan menjelajahi tebing bagi wisatawan yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin.

Akses menuju Green Canyon terhitung mudah, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran menuju terminal Cijulang yang berjarak ± 27 km yang  dapat di tempuh sekitar ± 40 menit dengan menggunakan kendaraan.  Setelah itu, dari terminal Cijulang wisatawan dapat menggunakan ojek ataupun sewa mobil menuju Dermaga Ciseureuh, dengan waktu sekitar  ± 5 menit.  Angkutan umum dari terminal Pangandaran ke Cijulang mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB – 19.00 WIB dan sebaliknya dari arah terminal Cijulang ke terminal Pangandaran mulai beroperasi dari pukul  05.00 WIB – 16.00 WIB.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Green Canyon adalah musim kemarau, karena ketika musim hujan turun maka debit air sungai akan naik. Green Canyon buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB – 16.00 WIB, kecuali hari Jumat buka jam 13.00 WIB – 16.00 WIB.

Fasilitas pendukung yang ada di Green Canyon diantaranya adalah dermaga perahu, tempat parkir, pusat informasi, ruang tunggu, toilet, mushola, warung makanan minuman, tempat oleh-oleh, restaurant seafood, dan hotel.

Selamat menikmati keindahan alam di destinasi wisata Green Canyon.

Bagikan