blog-img

Blue Marlin Ikan yang Menjadi Ikon Kabupaten Pangandaran

Ana Saepudin, 12/02/2020, 97

Pangandaran, Pangandaran Tourism - Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki lambang yang menjadi ikon bagi daerah itu sendiri. Letaknya biasanya berada di tengah – tengah ataupun yang menjadi sentral daripada Kota itu sendiri serta menjadi tanda kejayaan yang mencirikan sebuah wilayah beserta filosofi ataupun sejarah di masa lalu.

Tidak jauh beda dengan Kabupaten Pangandaran yang memiliki lambang atau ikon bernama Tugu Marlin atau biasa disebut dengan Bundaran Marlin yang menjadi ciri khas dari Kabupaten ini. Lokasinya berada di tengah – tengah jalur dimana semua kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor melewati tugu ini dari segala arah. Tepatnya ketika pertama masuk atau keluar dari Pangandaran dan berada di depan Masjid Besar Al- Istiqomah Pangandaran.

Filosofi tugu ini sebagai ikon Pangandaran adalah bahwa ikan berjenis Blue Marlin memiliki karakter yang lincah, senang melompat ke udara, atraktif serta mandiri di habitat aslinya. Kelincahan ini menggambarkan tujuan awal Kabupaten Pangandaran dengan usia yang masih terbilang muda. Pada tahun 2020 baru mencapai tujuh tahun, tetapi mampu melompat mengimbangi Kabupaten atau Kota lainya di Indonesia khususnya Jawa Barat. Mandiri dimaknai dalam bentuk pembangunan yang tidak bergantung pada wilayah induk yang terdahulu yaitu Kabupaten Ciamis.

Dengan semboyan “Jaya Karsa Makarya Praja” yang memiliki arti Jaya adalah kemenangan atau unggulan, Karsa adalah ide atau daya cipta yang selalu unggul dan sukses dalam pembangunan, Makarya adalah mendirikan, membangun, mengerjakan pekerjaan dengan hasil yang sangat indah dan megah, Praja adalah bahwa pembangunan Kabupaten Pangandaran ini lahir dari ide – ide dan aspirasi dari masyarakat Pangandaran itu sendiri. Jika disimpulkan berarti “Unggul dalam pemikiran demi menciptakan pemerintahan yang kuat”.

Tak hanya menjadi ikon, Patung ikan ini banyak menarik perhatian serta menjadi lokasi selfie bagi para pelancong yang baru datang untuk mengabadikannya dalam sebuah foto ataupun untuk sekedar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan liburan ataupun ketika usai liburan dari Pangandaran.

Bagikan

A

Asep Mulyadi
18 Mar 2020 01:47

bagus artikelnya


A

Ana Saepudin
19 Mar 2020 05:26

terima kasih, mohon bantu ya gan untuk promosikan pariwisata pangandaran