blog-img

Destinasi Wisata Pantai Pangandaran

Ana Saepudin, 15/06/2020, 2201

Pangandaran, Pangandaran Tourism - Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai terbaik di Kabupaten Pangandaran yang letaknya berada paling selatan Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, tidak heran jika destinasi wisata ini tak pernah absen oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini merupakan icon pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Keistimewaan yang menjadi daya tarik wisatanya pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset dari satu wilayah yang sama. Tidak hanya panorama alam dan pantai, di Pangandaran juga terdapat sebuah Taman Wisata Alam yang menjadi kawasan konservasi beberapa flora dan fauna. Di lokasi tersebut juga terdapat situs peninggalan massa kerajaan Hindu Budha yaitu Prasasti Batu Kalde, Nanndi dan Yoni serta beberapa Goa alami dan buatan.

Destinasi wisata ini memiliki dua sisi Pantai yaitu timur dan barat. Pantai Barat memiliki ombak yang tidak begitu besar dengan hamparan pasirnya yang luas membentang disepanjang sisinya. Aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai ini di antaranya seperti : berenang, menaiki perahu menuju Pasir Putih ataupun berkeliling di TWA Cagar Alam, snorkeling, berkuda, berkeliling Pangandaran dengan menyewa mobil gowes atau trail mini, surfing, berjemur dibawah matahari atau menikmati pemandangan sekitar sembari menunggu menyaksikan matahari terbenam.

Pantai timur terkenal dengan matahari terbitnya serta tempat kulinernya yang lengkap. Para wisatawan juga bisa menikmati aneka olahan hidangan laut dengan menu beragam yang disediakan sesuai pesanan dan harganya pun terjangkau. Selain itu rutinitas masyarakat nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan jaring ered pun menjadi daya tarik tersendiri dari sisi kearfian lokalnya.

Wisatawan juga bisa membeli ikan langsung dari nelayan dengan kualitas yang masih segar. Aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Timur diantaranya seperti : watersport, memancing, berkeliling pantai menggunakan mobil gowes, sepeda tandem dan juga trail mini, ataupun sekedar duduk-duduk untuk menikmati suasana panorama Pantai Timur. Bagi wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh dan souvenir khas Pangandaran untuk keluarga dirumah, di lokasi ini juga terdapat pusat belanja yang menjual beragam  pernak pernik kerajinan, pakaian pantai serta oleh oleh makanan khas Pangandaran seperti jambal roti dan ikan asin.

Bagikan