blog-img

Mangunjaya Menjadi Kecamatan Perdana Penyelenggaraan Safari Budaya Bupati Pangandaran

Ana Saepudin, 13/02/2020, 104

Pangandaran, Pangandaran Tourism - Safari Budaya Bupati Pangandaran "Ngariksa Jagat Nguriling Nagri Ka Tepis Wiring” yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran sukses digelar di Lapang SMA Negeri 1 Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran (10/02/2020).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Sekda Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana, M.M, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Untung Saeful Rokhman, S.Sos., M.Si, Komisi II DPRD Kabupaten Pangandaran Rara Agustin, A. Md, Organisasi Perangkat Daerah, para seniman dan budayawan lokal serta warga masyarakat Kecamatan Mangunjaya.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Safari Budaya Bupati Pangandaran nantinya bakal digelar di sepuluh Kecamatan yaitu Mangunjaya, Padaherang, Kalipucang, Pangandaran, Sidamulih, Parigi, Cigugur, Cijulang, Cimerak, Langkaplancar dan Mangunjaya dipilih sebagai tempat penyelenggaraan perdana.

Seni yang ditampilkan diantaranya : Pencak Silat, Kendang Ponorogoan, Rampak Kendang, Kolaborasi Ebeg (Kuda Lumping), Musik Etnis, Tari Mojang Priangan serta Bewara si Cepot.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dalam dialognya dengan para seniman lokal di Kabupaten Pangandaran mengatakan,”Pagelaran seperti ini merupakan salah satu upaya melestarikan seni budaya serta nilai-nilai luhur bangsa dan sekaligus memberdayakan para seniman lokal ikut terlibat menampilkan serta mengangkat seni budaya setempat,”

Jeje menambahkan,”pengenalan seni budaya di Kabupaten Pangandaran harus diterapkan pada usia dini, supaya kedepannya ada regenerasi. mereka akan menjadi generasi yang bangga dan mencintai seni budayanya sendiri.,”ungkapnya.

Bagikan