blog-img

Nasi Liwet Jolem Kuliner Khas dari Cijulang

Ana Saepudin, 12/02/2020, 744

Pangandaran, Pangandaran Tourism - Selain panorama alam yang menjadi daya tarik wisata di Pangandaran, seni, budaya dan kuliner lengkap dengan kearifan lokalnya pun ikut berperan dalam maju kembangnya sebuah destinasi pariwisata. Salah satunya yaitu kuliner Nasi Liwet Jolem yang merupakan makanan khas dari Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Nasi liwet adalah salah satu makanan yang sudah sangat populer di masyarakat sejak dahulu. Tidak hanya di Pangandaran saja, kuliner yang satu ini banyak ditemukan di seluruh daerah di Jawa Barat. Berbeda dengan Nasi Liwet Jolem yang hanya bisa ditemukan di daerah Cijulang.

Keunikan nasi liwet ini terletak pada bahan – bahan yang menjadi campuran dalam memasaknya. Jika pada umumnya nasi liwet biasa dimasak dengan tambahan ikan asin seperti ikan peda, jambal atau ikan teri, bila nasi liwet jolem dimasak bersama jantung pisang didalam bahanya. Jantung pisang yang digunakan pun tidak sembarangan, dan hanya jantung pohon pisang tertentu yang bisa digunakan karena memiliki rasa yang enak dan gurih bila dimasak seperti : Jantung Pisang Kepok dan Pisang Siem.

Liwet jolem ini biasanya dihidangkan dengan lauk pauk seperti ikan mujaer ataupun ikan mas. Nasi liwet jolem akan terasa lebih nikmat bila dipadu dengan pencok kacang panjang yang pedas dan segar.

Tidak semua rumah makan di Pangandaran menyajikan menu nasi liwet jolem, tetapi, bagi para wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas dari Kabupaten Pangandaran ini, di sepanjang jalan menuju destinasi wisata Green Canyon ataupun Pantai Batukaras banyak rumah makan yang menyediakan menu Nasi Liwet Jolem dengan cita rasa dan racikan yang khas dan berbeda dengan kuliner lain yang ada di Pangandaran.

Bagikan