blog-img

Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wisata Kertayasa

Resa Maya, 25/08/2022, 123

Pangandaran, Agustus 2022

Pemberdayaan masyarakat Desa Wisata Kertayasa melalui penyerapan tenaga kerja.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Desa Wisata Kertayasa menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar guna pemberdayaan. Adapun tenaga kerja yang terserap secara struktural di bawah naungan Bumdes Guha Bau sebagai pengelola Desa Wisata Kertayasa adalah pengurus pokok Bumdes, pemandu body rafting, supir armada, kru perahu, pengrajin handycraft, kuliner, pengurus perikanan, pengurus peternakan, pengurus sanggar seni, dan pengurus kampung wisata.

Selain itu, tenaga kerja yang terserap secara tidak langsung atau non struktural adalah masyarakat yang membangun usaha untuk menunjang pariwisata dengan merubah tempat tinggalnya menjadi homestay, warung, dan agen wisata.

Bumdes Guha Bau juga melakukan peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan kepemanduan. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung, pengelola Desa Wisata Kertayasa secara berkala mengirimkan para pemandu ke berbagai asosiasi atau lembaga untuk dibina dan dilatih hingga mendapatkan sertifikat keahlian.

Desa Wisata Kertayasa sangat memahami pentingnya peran masyarakat dalam pengembangan wisata meski belum berjalan maksimal. Untuk itu, Bumdes Guha Bau terus berbenah guna tercipatnya desa wisata yang berkelanjutan.

Bagikan