blog-img

Pesona Terasering Bojongsari

Resa Maya, 24/02/2021, 146

Pangandaran, 16 Februari 2021

Saung Ranggon atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Terasering Bojongsari menawarkan keindahan view pesawahan terasering dan batu-batuan alam yang berukuran besar yang dapat ditumbuhi oleh tanaman padi.

Berada di Desa Bojongsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, sekitar 31 km dari Pantai Pangandaran dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan darat. Dapat dijangkau dengan menggunakan kendaran roda empat maupun roda dua.

Bojongsari memiliki daya tarik wisata yang komplit, selain menawarkan view alam, juga menawarkan daya tarik wisata budaya berupa seni budaya Ronggeng Gunung yang ditampilkan saat musim panen tiba. Berdasarkan penuturan Bapak Oman Abdurohman, sesepuh budaya di desa Bojongsari, diceritakan bahwa dahulu Nyi Mangunsari (murid Dewi Rengganis) menyebarkan ajaran Ronggeng Gunung di Desa Bojongsari tepatnya di Dusun Gontelang. Dari sinilah, asal muasal Ronggeng Gunung di Desa Bojongsari.

Terasering Bojongsari juga menawarkan keindahan Curug Endep dan Curug Bawang yang sayang untuk dilewatkan. Konon katanya, Curug Bawang dahulunya merupakan tempat penyimpanan alat gamelan Ronggeng Gunung. Berdasarkan mitos setempat, bagi siapapun yang meminjam alat tersebut harus dikembalikan pada hari yang sama.

Bagikan