blog-img

Saung Angklung Mang Koko

Ana Saepudin, 28/12/2020, 159

Pangandaran TourismSaung Angklung Mang Koko merupakan sanggar seni tradisional yang terletak di Dusun Margaluyu, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran jaraknya kurang lebih 400 Meter dari pusat kantor Kepala Desa Margacinta ke arah barat.

Saung Angklung ini didirikan pada tahun 2008 oleh salah seorang tokoh seni di Kabupaten Pangandaran yaitu Koko Komarudin yang biasa disapa akrab Mang Koko. Beliau adalah seorang seniman yang totalitas menggeluti seni terlebih kesenian tradisional.

Di Sanggar Seni Saung Angklung Mang Koko ini kita bisa mengenal lebih jauh mengenai alat musik tradisional Angklung Sunda. Mulai dari memilih bahan, pembuatan, pengukiran angklung hingga angklung bisa dimainkan. Tidak hanya dalam pembuatannya kita juga bisa belajar cara memainkan alat musik angklung tersebut.

Tidak hanya kesenian angklung, kesenian tradisional lainnya juga diajarkan di sanggar ini, mulai dari Seni Kecapi Suling, Kesenian Benjang Batok, Kesenian Ronggeng Gunung, Celempungan, prosesi karasemen adat hingga Kesenian Badud. Di Sanggar Mang Koko juga memproduksi angklung untuk souvenir dengan berbagai macam ukuran.

Selain itu di sanggar ini juga terdapat angklung besar, berukuran 6m x 2m (angklung raksasa) yang memiliki keistimewaan dan berbeda serta menjadi ciri khas dari Sanggar Seni Saung Angklung tersebut.

Bagikan